Dari Peringatan Hari HAM 2008

cimg3178Hari ini tanggal 10 Desember 2008 diperingati Hari HAM dan 60 tahun Deklarasi Universal HAM, diselenggarakan di depan kampus A Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Nampak mahasiswa menyatakan dukungannya terhadap penegakan HAM dengan membubuhkan tandatangan. Tidak ketinggalan juga Wakil Rektor I Universitas Airlangga  Prof Dr Mohamad Zainuddin Apt. turut menyatakan dukungannya.

Acara kepedulian ini merupakan puncak dari “International Law Week 2008”cimg3193 yang diselenggarakan atas kerjasama Departemen Hukum Internasional FH Unair, FDI  dan KOMAHI. Dalam kesempatan ini dibacakan juga PETISI dari Civitas Akademika FH Unair dalam menyikapi perkembangan penanganan pelanggaran HAM di Indonesia.  Sebagai berikut:

PETISI DALAM PERINGATAN HARI HAM 2008

cimg3198Pada hari ini merupakan peringatan 60 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, dimana umat seluruh dunia seharusnya memperoleh perlindungan dan pemenuhan hak-hak dasarnya. Perkembangan Indonesia dalam konteks pasca 1998, atau 10 tahun proses reformasi, telah menempatkan isu HAM ini menjadi bagian tidak terpisahkan dalam gerakan demokrasi. Meskipun demikian, bangsa ini masih menghadapi sejumlah persoalan dominan mengenai HAM, antara lain:

Hak Sipil dan Politik

  1. Masih berkembangnya praktek kekerasan terhadap warga sipil yang diikuti oleh proses impunitas terhadap para pelanggar HAM;
  2. Dibiarkannya premanisme berbasis politik maupun keagamaan yang mengancam pluralisme Indonesia;
  3. Masih berjalannya praktek mafia peradilan yang melahirkan ketidakadilan proses hukum dan memenuhi prinsip peradilan yang adil (fair trial).

Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya

  1. Masih banyaknya warga yang belum mendapatkan kesempatan hidup secara layak bagi kemanusiaan, sebagaimana ditemukan fakta meluasnya kasus busung lapar, penderita gizi buruk dan buruknya kualitas layanan kesehatan di sejumlah wilayah.
  2. Belum terpenuhinya hak atas pekerjaan layak, sehingga tidak sedikit terjadi eksploitasi terhadap buruh baik di dalam negeri maupun terhadap TKI di luar negeri. Apalagi disertai dengan kerangka pembangunan ekonomi yang berorientasi pada fleksibilitas pasar tenaga kerja yang justru memarginalisasi hak-hak dasar buruh.
  3. Semakin mahalnya biaya pendidikan sebagai akibat komersialisasi dan privatisasi badan hukum publik yang menyelenggarakan fungsi pendidikan.

Secara hukum, HAM justru banyak dilanggar dan dilemahkan melalui perangkat perundang-undangan sebagai akibat disain politik ekonomi Indonesia yang bertumpu pada kepentingan liberalisasi pasar. Dalam konteks inilah, pelanggaran HAM dilakukan secara sistematik dan terlegalisasi (legalized violation of human rights).

Atas dasar hal-hal tersebut, kami civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Airlangga menyampaikan petisi yang mendesak kepada Pemerintah untuk segera:

  1. Memulihkan hak-hak rakyat melalui proses penegakan hukum yang adil dan tidak diskriminatif, yang dilakukan dengan menuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM dan mematahkan mata rantai impunitas.
  2. Mengembangkan sistem jaminan sosial secara menyeluruh melalui program-program politik ekonomi yang berlandaskan kemanusiaan dan kesejahteraan sosial, bukan berorientasikan semata pada kepentingan liberalisasi pasar (neo-liberalisme).
  3. Mematuhi prinsip-prinsip hukum HAM internasional yang telah diratifikasi, yang tidak saja berdasar atas tekanan publik, melainkan atas dasar kemampuan negara untuk memberikan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan HAM sebagai mandat konstitusional.

Demikian petisi ini dibuat secara singkat, agar menjadi perhatian penyelenggara negara di tengah meluas dan menguniversalnya nilai-nilai peradaban kemanusiaan saat ini.

Surabaya, 10 Desember 2008

CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS AIRLANGGA

Leave a comment

Filed under HAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s